Ahli Kunci Samarinda Mengenal Kunci Immobilizer

Kebanyakan mobil sekarang telah menggunakan sistem kunci immobilizer, cara kerja immobilizer sedehana saja. Pada anak kunci, pabrikan mobil membenamkan sebuah chip atau dikenal dengan microchip yang memancarkan sinyal berkode. Kemudian di dalam mobil juga ada perangkat penerima sinyal yang disebut dengan ECU dan mencocokan sinyal dari kunci dengan yang ada pada mobil.

Jika kode keduanya cocok maka mobil akan menyala dengan mudah, tapi jika kodenya berbeda, maka ECU tidak akan mengucurkan bahan bakar ke dalam mesin yang artinya mesin tidak akan menyala. Piranti ini juga idak bisa dengan mudah di-bypass karena kode yang disimpan dalam IC yang cukup rumit untuk di-hack.

mengenal kunci immobilizer

Awal Mula Kunci Immobilizer

Ide membuat immobilizer diawali pada tahun 1990-an yang pada saat pencurian mobil sangat marak. Pada awal kelahirannya, kunci memiliki kode statis yang akan dikenali sistem komputer di dalam mobil.

Namun untuk membuat agar sistem lebih sulit diterobos, untuk saat ini immobilizer mempunyai kode dinamis. Kalau setiap kali anda menyalakan mesin, komputer mobil otomatis mengubah kode pada dirinya dan pada kunci mobil. Yang hebatnya sistem ini masih mengenali kunci cadangan yang juga dilengkapi dengan sistem immobilizer serupa.

Jika suatu saat sistem immobilizer mendeteksi adanya usaha menyalakan lampu menggunakan kunci yang tidak memiliki kode valid, maka komputer mobil akan non-akif selama waktu tertentu. Hal ini jelas akan menyulitkan penyelusup untuk melakukan kejahatannya.

Sejak tahun 1998 sejumlah negara telah mewajibkan penggunaan immobilizer untuk seiap mobil yang dijual di negeri tersebut. Contoh saja Jerman, Inggris dan Finlandia. Sementara Australia menyusul pada tahun 2001 serta kanada 2007.

Hasilnya memang mengagumkan. Sejak semua mobil baru memakai immobilizer, angka pencurian kendaraan di negara tersebut menurun drstis. Dari mobil yang masih juga dicuri, 93% adalah mobil terdahulu yang belum memiliki immobilizer. Saking efektifnya alat ini, negara-negara juga menjual sistem immobilizer after market yang bisa dipasang ke mobil-mobil terdahulu.

Dari data pemerintah Australia, dari seluruh mobil yang berhasil dicuri, 7% diantaranya adalah mobil dengan immobilizer. Walau angka tersebut sangat kecil, tapi bagaimana bisa dicuri.

Bagaimana Mobil Ber-Immobilizer Dicuri

Ternyata ada dua modus pencuriannya. Pertama adalah mencuri kunci cadangan yang disimpan di rumah pemilik mobilnya. Kemudian cara kedua adalah tidak memberikan kunci cadangan saat menjual mobil dengan alasan hilang. Lalu dengan kunci cadangan tersebut si pemilik terdahulu mencuri mobil tersebut.

Oleh sebab itu, jika anda membeli mobil bekas wajib meminta kunci cadangan. Jika tak ada, maka ubahlah kunci dan kode ke bengkel resmi atau ahli/tukang kunci. Kemudian jangan lupa menyimpan kunci cadangan seaman mungkin.

Penyebab Mobil Ber-Immobilizer Tidak Bisa Menyala

Mobil ber-immobilizer kadang tidak mau menyala saat dihidupkan, walaupun menggunakan kunci asli. Walaupun jarang terjadi, kadang interferensi gelombang dari pemancar radio di sekitar kita bisa mengganggu pengenalan kode kunci oleh sensor.

Ini utamanya sering terjadi pada mobil yang juga menggunakan keyless smart key. Sebab jarak antara kunci dan sensor lebih jauh ketimbang kunci diletaka pada soket kontak, maka gangguan radio akan lebih berpengaruh.

Jika hal ini terjadi maka jangan panik, coba tempelkan kunci ke bawah dasbor karena biasanya di situ sensor penerima gelombang berada. Kalau tidak bisa, coba letakkan kunci di sejumlah titik dalam mobil. Pada beberapa mobil, kami temukan kalau penerima sinyal kodenya justru di bagasi.

Apabila tidak bisa juga dan masalah tidak teratasi coba hubungi ahli kunci atau tukang kunci yang berpengalamn tentang kunci immobilizer. Anda bisa menghubungi:

0852-6743-2551

Untuk mengetahui bahwa mobil sudah pakai immobilizer, cara paling mudahnya adalah dengan melihat bentuk kuncinya. Jika sederhana dan hanya terbuat dari logam biasa, maka tak ada immobilizer di situ. Tetapi jika bonggol kuncinya cukup besar, besar kemungkinan sudah dilengkapi dengan immobilizer.

kunci immobilizer
Kemudian mobil ber-immobilizer biasanya terdapat lampu peringatan instrumen berbentuk kunci. Jika anda melihat tanda tersebut keika mobil dikontak, maka mobil tersebut ber-immobilizer. Pada saat ini sebagian besar mobil di Indonesia telah memiliki immobilizer.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *